Ternyata, Begadang Picu Munculnya Jerawat!

Diposkan oleh Sanie San San Sabtu, 25 Februari 2012



Bercermin memperhatikan jerawat yang timbul di wajah/ Foto: IstimewaBercermin memperhatikan jerawat yang timbul di wajah/ 
Ingat lagu yang dinyanyikan 'Raja Dangdut' Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudulBegadangYupss, kalau ingat, syair lagu tersebut meminta  Anda untuk tidak melakukan aktivitas begadang, jika tidak ada artinya.

Begadang alias tidak tidur semalaman,  selain akan membuat muka pucat karena darah berkurang, juga bisa diserang angin malam. Hii… dingin menusuk tulang, akibatnya  penyakit pun akan mudah datang.


Nah, diantara berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang orang yang suka begadang, diantaranya adalah jerawat yang timbul di muka. Nah loh, kok bisa!
Ternyata, kurang tidur pada malam hari tak hanya menurunkan stamina pada esok harinya, tetapi dapat memicu munculnya jerawat.

Memang belum ada bukti konkret, jika begadang menyebabkan timbulnya jerawat. Sebuah penelitian mengungkapkan, secara tidak langsung begadang akan memperburuk dan menambah parah jerawat yang sudah timbul di kulit.


Jerawat timbul mengganggu penampilan/ Foto: IstimewaJerawat timbul mengganggu penampilan
Menurut Laporan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, kurang tidur meningkatkan peradangan. Begadang bisa menghasilkan peradangan sistemik. Jerawat merupakan proses menggembungnya pori-pori kulit. Peradangan inilah yang menjadi pemicu karena meningkatnya jumlah bahan sitokin dalam tubuh.

Selain itu, berkurangnya tidur di malam hari juga mengurangi jumlah tidur yang dibutuhkan untuk meremajakan kulit tubuh. Kurang tidur juga menyebabkan stres dan meningkatkan kekebalan terhadap insulin dan depresi.

Stres merupakan faktor terpenting yang menimbulkan jerawat dan meningkatnya kelenjar adrenalin yang berfungsi untuk memproduksi androgen. Keluarnya hormon ini memicu timbulnya pembentukan jerawat baru. Stres berdampak pada sistem kekebalan, sehingga memperlambat penyembuhan jerawat.

Begadang memaksa tubuh memproduksi insulin berlebihan. Hal ini meningkatkan produksi minyak yang potensial menimbulkan jerawat baru. Begadang juga menimbulkan kerangka mental dan emosi yang menimbulkan depresi. Depresi membuat sikap dan pikiran menjadi negatif.

source : http://www.tnol.co.id


Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 7 komentar

Sabtu, 25 Februari 2012 10.48.00 WIB  
waa, mulai sekarang saya harus mengurangi begadang nih. T_T
Sabtu, 25 Februari 2012 11.42.00 WIB  
@rizaaalsama kayak ane gan.. nih 3 hari berturut turut begadang..

ahirnya pada muncul dah tuh di jerawat..
Minggu, 26 Februari 2012 18.17.00 WIB  
saya sering begadang untuk jaga warnet..
tpi syukur tidak muncul jerawat :))

karena faktor keberuntungan x yah :D
Senin, 27 Februari 2012 09.40.00 WIB  
@Oemaria.. faktor makanan juga pengaruh sih.. hehehe.. mungkin jerawatnya males nempel di muka kamu mar.. :-p
Selasa, 28 Februari 2012 09.30.00 WIB  
iya sob bener tu,, kalo ga ada perlunya ga usah begadang, :-p
Selasa, 28 Februari 2012 13.31.00 WIB  
perasaan begandang mulu ngga jerawatan :D
Selasa, 28 Februari 2012 20.34.00 WIB  
waduhh ternyata begadang bisa bikin tumbuh jerawat harus kurangin begadang nih,,
nice pot sob
absen malam
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru