Cara Mengatasi Perut Kembung

Diposkan oleh San San Senin, 03 September 2012


Pada kebanyakan kasus, perut kembung tidak berbahaya dan umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk. Makan terburu-buru menyebabkan produksi gas usus lebih banyak dari biasanya. Jenis makanan atau minuman tertentu seperti minuman bersoda, kopi, ubi jalar, durian, kubis, bawang, buah mengkal, makanan terlalu berlemak atau terlalu manis dapat menyebabkan perut kembung. Stres dan kecemasan juga bisa mengakibatkan perut kembung.

Perut kembung sebenarnya merupakan pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh, dan dapat menyebabkan sakit perut. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk mengatasi perut kembung.

1. Hindari minuman manis beralkohol 
Waspadai mengkonsumsi gula pengganti, seperti sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol,manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang cenderung menambah rasa kembung.

2. Mengurangi garam
Utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam. Misalnya, daging segar jauh lebih rendah kandungan garam bila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah.

3. Banyak minum air putih
Kurangnya asupan air akan menyebabkan perut kembung berlebihan. Minum beberapa gelas air putih akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti air.

4. Membatasi makan
Makan dalam porsi kecil tidak hanya berguna dalam membantu usaha penurunan berat badan tetapi juga bisa menjadi cara terbaik untuk melawan perut kembung. Makanlah 4-6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan.

5. Mengurangi susu yang mengandung laktosa
Produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami (laktosa), yang dapat mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan untuk menghindari keju dan yogurt, karena dapat menyebabkan kram perut.

6. Bergerak
Bangkit dari tempat duduk Anda, jika perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu latihan atau olahraga jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Latihan adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh. Namun, jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius.


Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 2 komentar

Senin, 03 September 2012 pukul 18.06.00 WIB  
kalo saya dengan cara yang gampang banget sob, n gak pake ribet deh.
tinggal kentut aja,,duuuutttt...agh.,...lega deh...
Selasa, 04 September 2012 pukul 16.14.00 WIB  
@Ants Kakawkwkwk.. bener juga sih,,
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru