Buah dan Sayuran Alternatif Pemutih Gigi

Diposkan oleh Sanie San San Senin, 10 September 2012

Kalo ditanya, siapa yang ingin giginya “putih“, hampir semua orang pasti menjawab pengennn. Yang gag jawab “pengennn”, ada dua kemungkinannya. Giginya udah “putih”, atau GAG PUNYA gigi.

Atau, mungkin udah pernah baca catatan magahaya soal efek “pemutihan gigi”.

Gigi orang Afrika, yang memang lebih putih dari ras lainnya, terlihat semakin kinclong, karena kontras dengan warna kulitnya yang legam.

Warna putih gigi orang asia sesungguhnya adalah putih gading. putih kekuningan, broken white, putih pupus atau istilah serupa lainnya. Tetapi karena kulit bangsa asia yang kekuningan, sehingga kadang gigi yang [mungkin] putih, terlihat semakin “kuning“.

Banyak alternatif pemutihan gigi yang ditawarkan secara publik. Mulai dari pemutihan gigi menggunakan bahan kimia, sampai pemutihan gigi menggunakan odol.


Pemutihan gigi menggunakan media odol, sebenarnya adalah, sebuah ilusi.

Gigi yang terlihat kusam atau kotor, bukan diputihkan, melainkan di”bersih“kan, dengan cara “mengampelasnya“


Pisau yang berkarat, kalau digerinda [diasah] lagi, akan tampak “bersih”, tetapi warnanya tetap abu-abu logam, tidak berubah jadi putih

Kalau merasa “pemutihan” gigi dengan metoda mengampelas tersebut dirasa cukup, disini menawarkan alternatif “penggerindaan” yang sedikit lebih menyenangkan.
Mengkonsumsi buah-buahan [dan/atau sayuran]

Berikut ini adalah, kombinasi buah-buahan dengan bahan kimia tertentu, atau buah tanpa bahan kimia tertentu yang ditambahkan, yang dapat membuat gigi kamu lebih “bersih“

1. Lemon
Perasan air lemon yang dicampur aduk dengan garam atau soda kue dan diaplikasikan ke gigi selama beberapa menit, menggunakan sikat gigi dapat membersihkan gigi yang kusam.

Tetapi sebaiknya setelah pengaplikasiannya, segera menyikat gigi, karena asam dari lemon dapat menyebabkan erosi [pengikisan] lapisan mineral email mahkota gigi.


Kalau email mahkota gigi menipis, gigi dipastikan akan mengalamihipersensitifitas dentin.


2. Apel
Apel, yang mana adalah buah, bukan perusahaan komputer, dengan tekstur buah yang berair dapat membantu fungsi salivadalam membersihkan mahkota gigi dari sisa makanan yang mungkin menempel pada plak di mahkota gigi. Tekstur buah yang keras, juga dapat membantu menguatkan pondasi gigi pada tulang rahang.

Analoginya, seseorang yang berkali-kali mengalami benturan dengan benda keras, maka anggota tubuhnya yang biasa mengalami trauma tersebut akan menjadi lebih “kuat”.

Pada buah surga ini, terdapat kandungan yang bernama asam maleat/ asam malat, yang dapat membantu mengurangi lapisan yang menyebabkan gigi berwarna kusam.

Caranya, cukup dimakan aja. Dikunyah dulu 40 kali per kali makan ya


3. Wortel
Prinsip yang di”pakai” oleh buah [atau sayur?] yang satu ini sama seperti buah apel, yaitu dari tekstur “daging”nya. Tetapi minus asam maleat/ asam malat, yang hanya dimiliki oleh apel.


4. Strawberry
Strawberry atau Stroberi, belakangan ini mulai diteliti khasiatnya. Terutama pada kesehatan gigi. Penelitian-penelitian terakhir mengungkapkan kalao stroberi, buah yang juga kaya akan vitamin C ini, baik untuk kesehatan gigi.

Pada saat kita mengunyah buah ini, kandungan air yang keluar dari buah ini , bercampur dengan saliva diketahui dapat membantu membuat gigi menjadi lebih bersih dari warna yang sebelumnya kusam.



Sekedar mengingatkan kembali, jangan berpikir buah [atau sayur?] tersebut diatas mampu memutihkan gigi. Ada beberapa hal yang perlu diingat dan diperhatikan.
Pertama, hasil yang didapatkan adalah “BERSIH” bukan “PUTIH”. Tetapi, gigi tidak putih yang bersih, jauh lebih baik dari gigi putih yang tidak bersih.
Kedua, memutihkan gigi secara teori yang tepat adalah menggunakan bahan kimia. Banyak pertimbangan dan hal yang sebaiknya perlu diketahui sebelum memutuskan melakukannya.

Kemudian, semua buah yang disebutkan diatas pada intinya menggunakan “asam” sebagai sarana bekerjanya, jadi jangan lupa melakukan sikat gigi yang baik dan benar setelah kamu mencoba/ melakukan salah satu ritual diatas.

Atau sebagai masukan, sebaiknya kamu melakukan ritual diatas pada saat sebelum kamu melakukan penyikatan mahkota gigi. Jadi gag males kalo harus menyikat gigi “lagi” setelahnya.

Dan yang paling penting, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter gigi. Takutnya kamu memiliki alergi tertentu terhadap buah [dan/ atau sayur?] yang disebutkan. Atau bahan yang ada pada buah-buahan didaerah kamu terlalu “keras” dibandingkan kandungan pada buah-buahan didaerah lainnya.




Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 5 komentar

Senin, 10 September 2012 18.49.00 WIB  
pasta gigi tidak bisa bikin putih gigi,..ada benarnya juga,..jaman dulu pasta gigi tidak dikenal,mungkin dengan makanan ini mereka bisa punya gigi yang baik,...
Senin, 10 September 2012 19.18.00 WIB  
semua makanan diatas saya suka semua sob,dan alhasil gigipun jadi putih,tapi saya baru tau dari sini kalo makanan diatas itu bisa bikin gigi putih,,,thanks sob,,,jadi tambah semangat nih makan makanan yang ada diatas itu...
Selasa, 11 September 2012 10.53.00 WIB  
@zulhamia juga yah, orang dulu mana ada yang pake pasta gigi.. tp gigi mereka kuat kuat, sampai ada yang jadi fosil..
Selasa, 11 September 2012 10.54.00 WIB  
@Ants Kakaselain membuat gigi putih,, buah dan sayur juga banyak sekali manfaatnya yaa..
Rabu, 12 September 2012 22.40.00 WIB  
. . oalachhh,, stobery ternyata bisa juga. namun kalo mangga bisa gak?!? he..86x . .
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru