Buat Robot, Mahasiswa Habiskan Rp 20 Juta

Diposkan oleh Sanie San San Rabu, 28 Maret 2012

Robot Mahasiswa Politeknik Negeri Manado
MANADO - Kabar gembira datang dari Politeknik Negeri Manado. Tiga dari jenis robot hasil karya mahasiswa dinyatakan lolos seleksi dan berhak mengikuti Kontes Robot Indonesia Regional V di Makassar, Mei mendatang.

Menurut Vino Rooroh, mahasiswa Jurusan Elektro yang merupakan anggota tim, tiga robot yang lolos adalah Kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Berkaki, KRCI Beroda dan KRI. 

Kata Vino, ia dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Electrotech Community, sebuah komunitas mahasiswa penggemar robot di kampus merasa senang dan bangga ketika hasil karyanya itu, bisa lolos tahap seleksi video demonstrasi proses pembuatan robot. 

Dalam rangka persiapan menghadapi pesaing dari perguruan tinggi lain sewilayah Regional V yakni meliputi kampus-kampus di wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Kaltim, NTT, NTB dan Papua, pihaknya saat ini fokus melakukan perbaikan serta pengembangan terhadap hal-hal yang masih kurang. 

"Saat ini kami sementara melengkapi beberapa kekurangan yang ada. Terutama kecepatan dan ketepatan kerja robot," ujar Vino, Selasa(27/3/2012).

Pada Divisi Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Berkaki, mereka akan menampilkan Blue Bleki 2-102. Robot yang bibuat oleh Muhamad Ilham Nurdin dan Youri Palit itu akan bekerja mencari sumber api kemudian memadamkannya. 

Selanjutnya pada Divisi Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Beroda, para mahasiwa Poltek Manado akan menampilkan robot karya Lorens Rumimpunu dan Ahmad Pongoliu bernama Neo Robot. Robot itu memiliki fungsi dan kerja yang sama dengan Blue Bleki 2-102, bedanya sistem kerja Neo Robot menggunakan roda.

Sementara pada Divisi Kontes Robot Indonesia, lanjut Vinno, mereka akan menurunkan tiga robot yang semuanya diberi nama MVP-Tec. Ketiga robot itu dibuat Devri Tappi, Tovik Damo dan Vinno Rooroh. Robot tersebut bisa membantu manusia dalam mengerjakan beberapa hal seperti membuka pintu, mengangkut barang dan pekerjaan sejenis.

Terkait pembiayaan yang selama ini jadi kendala dalam pengembangan karya-karya mereka, kata Vino, sudah difasilitasi kampus. "Dalam waktu akan ada rapat dengan pihak jurusan, untuk membicarakan mengenai dana, dimana kami masih butuh dana sekitar Rp 20 juta untuk melengkapi yang masih kurang. Dana itu di luar dana untuk lomba," pungkas Vino.


source : yahoo.co.id

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 6 komentar

Rabu, 28 Maret 2012 12.02.00 WIB  
waw, gilaaa.. tpi baguss :D
Pertamax diamankan :))
Rabu, 28 Maret 2012 12.14.00 WIB  
mantaf karyanya, salam kenal masbro
Rabu, 28 Maret 2012 13.35.00 WIB  
Yang penting bisa disorot dunia kang, asalkan para pakar baantu membiayai rame kayanya :))
Rabu, 28 Maret 2012 17.38.00 WIB  
:)) keren sob kelihatannya

tapi bner banyak sekali ya... 20 juta...

tapi bagus dah lolos :)
robot yg bagus itu yg berguna bagi manusia . .
itu kelebihannya apa sob ?
Rabu, 28 Maret 2012 21.15.00 WIB  
. . ich,, keren banget. bener^ hebat nich yang bikin. gak kalah ma buatan jepang . .
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru