Tips Mencegah Mata Lelah Saat Didepan Komputer

Diposkan oleh Sanie San San Rabu, 01 Februari 2012


Mata Lelah Karena Komputer

Dengan aktifitas sehari-hari Mr. San sebagai grapich designer di Indokreasi Digital Printing. Komputer sudahlah  menjadi hal yang wajib dan mau tidak mau setiap harinya harus menghadapi monitor. Akhir-khir ini Mr. San mulai merasakan sesuatu yang kurang nyaman di bagian mata. Mata seperti menjadi  kelelahan dan segera  ingin beristirahat. Mata lelah ini mungkin disebabkan oleh terlalu lamanya Mr. San berada di depan  monitor komputernya. Memang tidak baik jika mata kita dipaksa terus berinteraksi dengan monitor. Dikarenakan hal itu, Mr. San ingin berbagi beberapa tips yang berhasil didapatkan dari beberapa situs yang dirangkum menjadi satu. Berikut kumpulan tips ampuh untuk mencegah mata lelah saat beraktivitas yang dikhususkan untuk pembaca Saling Sharing:

1. Menjaga Jarak Pandang Antara  Monitor Dengan Mata
Mungkin kita semua sudah tahu mengenai hal ini. Jarak mata yang terlalu dekat dengan layar monitor dapat merusak mata dan menjadikan mata kita cepat lelah. Jarak yang direkomendasikan adalah sekitar 45 cm hingga 100 cm. 

2. Menggunakan Jenis Layar LCD
Jenis layar monitor LCD yang flat ternyata lebih baik ketimbang  monitor CRT yang berbentuk tabung. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, monitor jenis LCD lebih aman untuk kesehatan mata kita. Selain itu penggunaan filter untuk mengurangi radiasi dari monitor juga direkomendasikan untuk dipasang pada monitor komputer Anda. Jika ingin melihat lebih lanjut mengenai perbedaan LCD dan CRT dapat dilihat di artikel ini.

3. Atur Brightness Layar Anda
Pengaturan terang atau gelapnya monitor juga berpengaruh terhadap mata. Jika monitor terlalu terang akan mengakibatkan mata menjadi silau dan menyebabkan sakit mata. Sedangkan jika monitor terlalu redup mata akan sulit melihat sehingga mata juga akan menjadi sakit karena memaksanya untuk berakomodasi ekstra.

4. Istirahat
Jika memungkinkan cobalah untuk beristirahat sejenak. Istirahat secara berkala merupakan cara yang baik. Misal tiap 1-2jam sekali kita mengistirahatkan mata kita sekitar 5-15 menit. Istirahat di sini diartikan dengan menjauhkan mata dari monitor.

Semoga bermanfaat

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru