Tetap Tampil Cantik Saat Anda Tidur

Diposkan oleh Sanie San San Rabu, 26 September 2012

Film selalu menyajikan pemeran utama wanita yang selalu tampil prima, meski baru bangun tidur. Sudah bukan rahasia kalau penampilannya tersebut dibantu oleh makeup artist dan aneka sentuhan teknologi yang canggih. Dan ternyata kita semua juga bisa memiliki kecantikan serupa artis tersebut, yaitu: tidur!

Tidur yang berkualitas memang bisa dijadikan salah satu cara untuk mempercantik diri Anda. “Tidur membuat tubuh memasuki beberapa tahap dari non-REM dan REM untuk pemulihan fungsi tubuh,” kata Dr. Vermén M. Verallo-Rowell, dokter spesialis kulit yang rutin melakukan penelitian. REM adalah rapid eye movement atau gerakan mata secara cepat yang berlangsung selama kita tidur.

Lebih jauh lagi, di dalam ilmu kronobiologi -- ilmu yang mempelajari tentang dampak ritme biologis dan efeknya bagi tubuh – menyimpulkan adanya perbedaan perilaku kulit di malam hari. Di antaranya adalah penyerapan kulit yang lebih maksimal; perlindungan kulit yang lebih rendah terhadap radikal bebas di siang hari, polusi, kerusakan yang diakibatkan sinar matahari; dan produksi minyak kulit juga lebih sedikit. Semua perubahan ini bisa membantu penyerapan bahan-bahan aktif secara lebih efektif pada pukul 2 dini hari, jika dibandingkan pada pukul 2 siang.

Berikut adalah panduan tentang berbagai jenis perawatan dan produk yang memberi keajaiban di malam hari.

Kondisioner
Biasa disebut “deep conditioners” atau “reparative masks,” produk rambut tanpa bilas yang mampu bekerja lebih ampuh dan meresap ke dalam batang rambut dalam hitungan jam, bukan menit. Caranya: sebelum tidur, oles dan pijat masker mulai dari ujung sampai bagian tengah pada rambut yang kering, kemudian sisir rambut dengan lembut. Keesokan harinya, cuci dan tata rambut seperti biasa.

Pelembap
Siang hari adalah waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap ringan yang mudah menyerap dan krim tabir surya untuk melindungi kulit sepanjang hari, serta membuat rias wajah terlihat lebih halus. Sedangkan di malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap dengan tekstur yang lebih pekat, meski terlihat lebih berminyak tetapi sebenarnya memberi ekstra kelembapan untuk memperbaiki kulit. Pelembap yang menyerap jauh ke dalam kulit ini memiliki manfaat yang terus bekerja hingga siang hari.

Produk Perawatan Aktif
“Banyak produk perawatan akan bekerja lebih maksimal ketika tidak digunakan bersamaan dengan kosmetik dan tabir surya,” kata Dr. Patricia Farris, seorang ahli dermatologi. Selain itu, bahan-bahan aktif seperti asam salisilat, yang mampu membantu pengelupasan sel kulit mati, dan peptida – sekumpulan kecil protein yang merangsang kolagen untuk mengurangi tanda-tanda penuaan – akan bekerja paling maksimal ketika tidak luruh bersama keringat atau faktor lingkungan penyebab stres di siang hari seperti polusi dan sinar matahari. Meningkatnya aliran darah ke kulit bersamaan dengan berkurangnya cairan tubuh di malam hari, dapat membantu penyerapan bahan-bahan dasar ini menembus lapisan kulit.

Pelembut kulit kasar
Produk yang dibuat untuk melembutkan kulit kasar pada kaki atau tangan akan memberikan hasil maksimal ketika dioleskan sebelum tidur. Banyak diantaranya yang mengandung asam alfa hidroksi (asam laktik, glikolik dan asam sitrat) yang mampu menembus lapisan kulit terluar untuk mendorong pengelupasan. Sebagai alternatif, coba tips yang disarankan oleh Dr. C. Ralph Daniel III, profesor klinis di bidang dermatologis. Yaitu: rendam tangan dan kaki di air bersuhu ruangan selama lima menit. Oleskan pelembap dengan tekstur pekat, seperti shea butter atau petroleum jelly. Untuk penyerapan maksimal sepanjang malam, pakailah sarung tangan atau kaus kaki berbahan katun.

Deodoran
Beberapa anti-perspirant dengan formula ekstra kuat memang diformulasikan khusus untuk penggunaan malam hari, tapi ada pula produk dengan formula reguler yang juga bisa bekerja secaa optimal pada malam hari. “Bagi yang memiliki keringat berlebih, akan lebih baik memakai deodoran sebelum tidur,” kata Kleinsmith. “Saat Anda belum berkeringat, Anda dapat menghentikan kelenjar keringat lebih mudah dan membuat pengobatan lebih efektif.”

Valli Herman adalah seorang jurnalis senior. Bermodalkan paspor dan aneka produk kecantikan yang selalu dibawanya, dia telah meliput berbagai acara fashion, kecantikan dan perjalanan internasional untuk Los Angeles Times, Dallas Morning News, serta untuk publikasi cetak dan online lainnya.


Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 1 komentar

Rabu, 26 September 2012 13.39.00 WIB  
Nice share :)
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru