Buah zakar / testis sikecil besar sebelah

Diposkan oleh Sanie San San Sabtu, 22 September 2012

Testis atau buah zakar sikecil besar sebelah, Konsultasi yang dijawab oleh dr Agus Harianto, Sp.A (K) berikut ini merupakan jawaban dari pertanyaan Ny.Mimin dari Tulungagung. Umur anaknya empat bulan, semenjak lahir buah zakarnya sebelah kiri lebih besar dan mengkilap dibanding dengan yang kanan.

Dalam kedokteran disebut hydrocele scrotalis (hydro=air, cele=kantung, scrotalis=tempat buah zakar), yang berarti ada cairan dalam buah zakar. Makin banyak cairannya, buah zakar makin nampak mengkilat. Bagian sakit ini jika disinari dengan lampu senter nampak terang seperti balon berisi air. 

Kelainan ini mirip seperti hernia atau penyakit kondor yang isi benjolan tersebut berupa usus. 
Bentuk benjolan bisa membesar dan mengecil tergantung dari besar kecilnya kelainan lubang tersebut dan tekanan dalam perut.

Bila bayi menangis atau mengejan, benjolan tambah besar dan bila disinari lampu senter, benjolan nampak gelap. Kelainan hydrocele scrotalis ini, 10% disertai adanya kelainan hernia.

Penyebab penyakit adalah kelainan anatomi bawaan sejak dalam kandungan akibat kegagalan proses penutupan dinding perut bagian depan bawah daerah pelipatan paha sebelah kiri (procesuss vaginalis). Akibatnya terbentuk lubang yang sangat kecil dan cairan dari rongga perut menetes perlahan ke bawah terkumpul dalam kantung buah zakar sehingga buah zakar tampak membesar.

Kalau hernia, lubangnya cukup besar sehingga usus dan isi dari perut dapat masuk melalui lubang ini turun ke kantung buah zakar sehingga buah zakar / testis membesar.

Tindakan khusus untuk kasus di atas belum perlu. Dengan perawatan konservatif atau observasi cairan akan diserap sendiri oleh tubuh bayi. Tak dianjurkan untuk dikompres atau dipijat karena bisa infeksi atau terkilir.

Biasanya pada umur 6-12 bulan kelainan ini akan menghilang. Bila sampai 1 tahun tetap ada, dianjurkan untuk membawa ke spesialis anak atau bedah.

Kemungkinan penderita seperti ini juga menderita hydrocele juga, karena sebagian kecil kasus hydrocele scrotalis disertai hernia inguinalis.

Kelainan di atas umumnya tak menyebabkan kemandulan. Ya, Ibu mana yang tak risau dengan masalah buah hatinya ? Jadi, ada pepatah yang berbunyi bahwa kasih ibu sepanjang masa, dan kasih anak sepanjang galah itu memang benar adanya !



Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru