Pemudik dan Pengemudi Jangan Memaksakan Diri

Diposkan oleh Sanie San San Sabtu, 18 Agustus 2012

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Fasilitas pijat disediakan di rest area kilometer 57 Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (15/8/2012). Layanan yang sediakan pengelola rest area di sepanjang jalur mudik tersebut membuat pengunjung kembali segar sebelum melanjutkan perjalanan.


JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengemudi angkutan Lebaran dan pemudik diimbau tidak memaksakan diri menempuh perjalanan jauh apabila kondisi badan tidak sehat. Sebab, pada pengemudi, seringkali badan yang tidak fit tapi dipaksakan bisa berujung pada kecelakaan lalu lintas.

"Pengemudiharus istirahat cukup, makan makanan yang sehat diperiksa tekanan darah dan urinnya," Tjandra Yoga.
Demikian dismapaikan Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga. Dikatakan, pengemudi memegang peranan penting dalam faktor keselamatan angkutan selain keamanan kendaraan dan kondisi jalan. Karena itulah, pengemudi diimbau untuk memeriksakan diri pada posko kesehatan yang berada di terminal atau pelabuhan sebelum berangkat.
"Mereka (pengemudi) harus istirahat cukup, makan makanan yang sehat, diperiksa tekanan darahnya, dan urinnya. Ada 170 posko kesehatan di bandara dan pelabuhan belum termasuk yang ada di terminal yang bisa digunakan oleh pengemudi," kata Tjandra.

Posko kesehatan juga bisa dimanfaatkan oleh para pemudik terutama mereka yang memiliki riwayat penyakit berat. Jangan sampai malah jatuh sakit di saat hari raya Idul Fitri yang selama ini dinantikan.

Dalam hal kesehatan yang tak akalh pentingnya, kata Tjandra, ialah sarana di terminal atau pelabuhan. Kondisi toilet, makanan yang dijajakan di rumah makan dapat berpengaruh juga pada kesehatan pemudik atau pengemudi angkutan.

Data Korlantas Polri, keelakaan mudik antara tanggal 11-18 Agustus 2012 tercatat jumlah korban kecelakaan ebanyak 2.551 kasus. Korban meninggal dunia 446 orang, luka berat 600 orang dan luka ringan 2.296 orang. Adapun total kerugian dari kecelakaan ini mencapai Rp 5 miliar.


penulis : Adhitya Ramadhan
Repost on Saling Sharing 

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 2 komentar

Minggu, 19 Agustus 2012 20.34.00 WIB  
selalu waspada dan berhati hati, hal yang utama adalah berdo'a semoga selamat sampai tujuan...
Selasa, 28 Agustus 2012 20.42.00 WIB  
Benar sekali sob, sayapun prihatin dengan banyaknya korban kecelakaan yang ada pada mudik lebaran saat ini,,,,,
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru