Puasa Tak Harus Loyo! Ini Tips Agar Tubuh Tetap Prima

Diposkan oleh Sanie San San Jumat, 27 Juli 2012

Puasa itu memang menahan lapar dan haus. Namun bukan berarti harus loyo kan? Agar kondisi tubuh tetap prima tips berikut bisa Anda terapkan.

Rosihan Anwar Sgz, ahli gizi dari Poltekes Banjarmasin menganjurkan kaum muslimin yang berpuasa jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. "Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral," tulis Rosihan di grup facebook Gerakam Sadar Gizi.

Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka atau ber-AC.

Pada saat berbuka, awali buka puasa Anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kolak, setup, ataupun minuman manis lainnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.

Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.

Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.


Post Source : tribunnews.com
Repost : salingsharing.web.id

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 5 komentar

Sabtu, 28 Juli 2012 14.15.00 WIB  
Makasih sob infonya....
Sangat bermanfaat....
Minggu, 29 Juli 2012 02.10.00 WIB  
Bener banget tipsnya, biasanya orang2 tuw langsung aja makan banyak, ntar perutnya kaget, hehehe
Selasa, 31 Juli 2012 16.11.00 WIB  
@Aspar69ia sama sama sob..
Selasa, 31 Juli 2012 16.12.00 WIB  
@Windows Blogselain perut kaget,,, otomatis tarawihnya juga terganggu sama perut yg ke kenyangan..
Sabtu, 04 Agustus 2012 15.47.00 WIB  
Mantep Ni Kang Info Nya,ijin Nyimak
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru