Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Diposkan oleh Sanie San San Minggu, 20 Mei 2012

Buah Mangga (Mangifera Indica) merupakan salah satu buah yang cukup populer, kaya nutrisi, dengan rasa yang unik, aroma dan rasa yang khas, dan juga menyehatkan.


Melancarkan Pencernaan
Mangga sangat banyak bermanfaat bagi orang yang menderita keasaman dan enzim yang membantu untuk meringankan masalah gangguan pencernaan.

unsur-unsur Bio-aktif seperti Ester, terpene dan Aldehida yang terkandung dapat membantu pencernaan menjadi lebih mudah.

Menurunkan Kolesterol

serat dan vitamin C dalam buah mangga membantu untuk menurunkan kadar level serum kolesterol khususnya kolesterol “Low-Density Lipoprotein” (LDL).

Sumber vitamin E
Dalam banyak jenis mangga ada sekitar 2,3 sampai 3 mg vitamin E per buah Mangga.

Meningkatkan Daya Konsentrasi dan Memori
Mangga yang berguna untuk anak yang kurang konsentrasi dalam belajar, karena mengandung asam Glutamin yang baik untuk meningkatkan memori dan menjaga sel-sel aktif.

Untuk Mengobati Jerawat
Mangga membantu dalam membersihkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat.
caranya: iris mangga menjadi potongan-potongan sangat tipis dan letakkan di wajah Anda selama 10 hingga 15 menit, dan kemudian mandi atau cucilah wajah Anda. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda tersebut.

Tinggi kadar Zat Besi untuk Perempuan
dari fakta diketahui bahwa Mangga kaya akan zat Besi. Orang yang menderita anemia dapat secara teratur mengkonsumsi mangga bersama dengan makan malam mereka. Umumnya wanita setelah menopause menjadi lemah dan mereka harus mengkonsumsi mangga dan buah lain yang kaya zat besi.
Wanita hamil juga dapat mengambil mangga sesekali sebagai suplemen, tubuh mereka membutuhkan zat besi dan kalsium selama waktu itu. tetapi walau begitu, terlalu banyak mengkonsumsi mangga harus dihindari selama kehamilan. jadi untuk wanita hamil maka makanlah mangga seperlunya saja, jangan banyak-banyak. jika anda sudah terbiasa makan Mangga sejak masa kanak-kanak, maka Anda dapat mengkonsumsi mangga ketika Anda hamil karena tak akan banyak mempengaruhi tubuh Anda. tetapi sekali lagi, yang namanya berlebihan itu tetap tidak baik.

Untuk Diabetes
Mangga perlahan-lahan mendapatkan pengakuan baru sebagai buah untuk melawan diabetes. Sebelumnya ada sebuah mitos bahwa orang dengan diabetes tidak boleh makan mangga, tapi itu tidak benar. Tidak hanya buahnya saja, ternyata daun mangga juga bisa digunakan untuk melawan diabetes. Sebelum pergi tidur taruhlah 10 atau 15 daun mangga bersih di air hangat dan menutupnya dengan penutup. Pagi hari berikutnya saringlah air tersebut dan minum dalam keadaan perut kosong. Lakukan ini secara teratur.

Mencegah Kanker dan penyakit Jantung

karena Mangga mengandung antioksidan dalam Jumlah tinggi maka bila dikonsumsi secara teratur, bisa untuk melawan kanker dan penyakit jantung lainnya. Seperti disebutkan sebelumnya juga dapat untuk menurunkan kolesterol. kolesterol berkaitan dengan penyakit jantung.

Buah mangga kaya akan prebiotik serat makanan, vitamin, mineral, dan senyawa flavonoid antioksidan polifenolik. Beberapa percobaan penelitian menunjukkan bahwa anti-oksidan polifenol senyawa dalam mangga dikenal untuk menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara dan kanker usus besar (colon). Buah mangga adalah sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. 100 g buah mangga segar menyediakan 765 mg atau 25% dari tingkat harian yang direkomendasikan dari vitamin A. senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan mata. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan karoten yang dikenal untuk melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
Mangga segar adalah sumber yang sangat kaya akan kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B6 (pyridoxine), vitamin C dan vitamin-E. Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen menular dan oksigen radikal bebas berbahaya. Vitamin B-6 atau pyridoxine diperlukan untuk produksi hormon GABA di otak. Ini juga mengontrol kadar homocystiene dalam darah, yang dinyatakan dapat membahayakan pembuluh darah mengakibatkan CAD dan stroke. Zat Tembaga (Copper) adalah faktor pembantu untuk enzim-enzim penting, termasuk sitokrom c-oksidase dan superoksida dismutase (mineral lainnya berfungsi sebagai faktor pembantu untuk enzim ini adalah mangan dan seng). zat Tembaga juga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Kulit mangga juga kaya fitonutrien, yaitu pigmen antioksidan seperti karotenoid dan polifenol.

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 2 komentar

Minggu, 20 Mei 2012 23.35.00 WIB  
. . mangga muda n mangga matang itu sama aja kan manfaat nya?!? cz aq tu suka banget ma mangga muda. he..86x . .
Minggu, 27 Mei 2012 10.47.00 WIB  
thanks infonya ,,
khasiatnya ,mantap

:)
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru