Akibat Fatal Menyalakan Laptop Terlalu Lama

Diposkan oleh Sanie San San Minggu, 04 Maret 2012



Tahukah anda bahwa menyalakan laptop terlalu lama dapat menyebabkan panas berlebihatau overheat sehingga heatsink menjadi rusak dan akan berakibat fatal bagi laptop anda. Bukan hanya itu, komponen lain seperti harddisk pun dapat mengalami peleburan akibat panas. Oleh karena itu batasilah waktu penggunaan Laptop anda paling lama 5-8 jam tergantung dari tipe laptop anda apakah cepat panas atau tidak.

Berikut ini adalah contoh ketika laptop mengalami kerusakan pada heatsink akibat terjadinya overheat yang disebabkan karena penggunaan yang terlalu lama. Kasus seperti ini lebih sering terjadi pada laptop bermerek Acer yang biasanya lebih cepat panas.





Untuk mencegah hal tersebut, sering-seringlah memantau suhu pada laptop anda baik dengan melakukan cek-in pada posisi dimana heatsink berada dan batasilah waktu penggunaannya. Selain itu, gunakanlah beberapa software seperti, CoreTemp dan SpeedFan. CoreTemp adalah aplikasi untuk memantau suhu bagi komputer dengan prosesor Intel atau AMD. Piranti lunak ini membaca Digital Thermal Sensor (DTS) lebih akurat daripada sensor thermal diode pada setiap Core. DTS melaporkan seberapa dekat jarak suhu operasional terhadap suhu maksimal aman yang diperbolehkan dalam prosesor. Sehingga, semakin kecil jarak ini artinya semakin berbahaya bagi operasional komputer.

Sedangkan SpeedFan adalah aplikasi untuk mengukur suhu pada motherboard dan hardisk. Menurut informasi di situsnya, aplikasi ini akan membaca suhu motherboard dan hardisk, membaca tegangan listrik dan kecepatan kipas serta memantau status hardisk. Kemampuan SpeedFan juga mencakup mengatur kecepatan kipas. Tergantung kebutuhan, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat notebook lebih ‘sunyi’ atau meningkatkan kerja kipas agar panas lebih cepat keluar.dan Power On Detect untuk mengetahui berapa lama laptop menyala. Ketiga aplikasi ini akan sangat berpengaruh meminimalisir kerusakan akibat kelalaian anda. Nah, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 6 komentar

Minggu, 04 Maret 2012 17.47.00 WIB  
Info yang sangat membantu... tp di korea semua orang indo kalau menyalakan laptop gk inget waktu bro. apalagi klo pas hari libur bisa 48 jam nonstop tanpa di matiin laptopnya. tapi alhamdulillah laptopnya gk rusak bro. termasuk punya saya.
Minggu, 04 Maret 2012 23.32.00 WIB  
Terima kasih infonya Pa, kebetulan saya pake Acer sudah tahunan online 24 tapi alhamdulillah selalu fit, hanya saja kadang kalau sudah seminggu saya matikan dan baterai saya copot beberapa jam lalu online lagi. Saya bantu pakai kipas diluar dan laptop diatas bangku yang tengahnya bolong supaya ada hawa, semula pake cooler tp ga lagi.
Senin, 05 Maret 2012 16.30.00 WIB  
makasih kang infonya, ;)
Selasa, 16 Oktober 2012 15.11.00 WIB  
thanx om , akhirnya tau juga PEnyebabnya :D ehhehe
Senin, 28 Januari 2013 16.16.00 WIB  
laptop sayasering banget overheat, bahaya juga ya. thanks infonya.

GPS Tracking
thanks infonya gan....
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru