Stop Minum Alkohol Jika Tak Ingin Kena Kanker

Diposkan oleh Sanie San San Rabu, 08 Februari 2012


Jika Anda sering minum minuman beralkohol, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Sebab alkohol dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan dengan toleransi penggunaan makin banyak tiap hari. Walaupun seseorang sudah memiliki toleransi untuk volume tertentu, tetapi efek samping kronisnya tetap terjadi.

Penggunaan alkohol jangka panjang akan menyebabkan radang kronis pada saluran pencernaan khususnya lambung.

"Karena itu pasien yang menggunakan alkohol kronis akan dengan mudah ditemukan kelainan pada lambungnya. Saya beberapa kali medeteksi pasien yang secara endoskopi diketahui ada peradangan kronis pada lambung dan mengakui sebagai pengguna alkohol rutin saat konfirmasi setelah pemeriksaan endoskopi," ujar Spesialis Penyakit Dalam dari FKUI-RSCM Dr.dr.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB.

Menurut Ari, setelah alkohol menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan, membentuk erosi sampai tukak usus, selanjutnya akan menyebabkan perubahan struktur dalam usus sampai berubah menjadi sel ganas (kanker).

Selain serangan pada lambung, peminum alkohol juga akan mengalami peradangan kronis yang akan berlanjut dengan penciutan hati (sirosis hati) dengan komplikasi lanjutan yang bermacam-macam antara lain pembengkakan pada perut dan terjadi perdarahan pada saluran cernanya.

Alkohol juga dihubungkan dengan berbagai kanker antara lain kanker usus besar. Pasien peminum alkohol kronis akan mengalami tulang keropos (osteoporosis), impotensi dan infertilitas. Pada wanita, alkohol juga menjadi salah faktor resiko terjadi kanker payudara.

source : sehatnews.com


Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru