Nelayan Pantura Kembali Melaut

Diposkan oleh Sanie San San Sabtu, 11 Februari 2012

KRAMAT - Sejumlah nelayan di wilayah pantai utara Kabupaten Tegal, kini kembali beraktivitas mencari ikan atau melaut setelah sekitar tiga pekan terakhir perahunya ditambatkan akibat cuaca buruk. 

Kondisi cuaca di laut Jawa berangsur normal dengan ketinggian gelombang antara 0,5 meter hingga 1 meter. Kondisi demikian dibenarkan Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Tegal, Hendy Andriyanto, kemarin. Menurutnya, cuaca sudah kembali normal dari ketinggian gelombang sebelumnya 0,5 meter hingga 1,75 meter. Untuk itu, nelayan sudah diperbolehkan kembali melaut.

Meski demikian, pihaknya tetap menghimbau kepada nelayan, agar tetap waspada karena gelombang di tengah perairan sewaktu-waktu dapat naik akibat pengaruh tiupan angin dari arah selatan ke barat. "Kondisi cuaca di daerah Pantura diprakirakan berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan pada sore hingga malam hari. Angin bertiup dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan antara 05 hingga 30 Kilometer per jam," tegasnya.

Terpisah, salah seorang nelayan di TPI Larangan, Munjungagung, Kramat, Solihin (51), mengatakan, sejak tiga hari terakhirnya, pihaknya kembali beraktifitas di laut. Gelombang di laut saat ini cenderung tenang, khususnya pada saat pagi hari. Namun apabila menjelang sore dan malam hari, ombaknya kembali membesar. Karena itu, nelayan memilih untuk kembali ke daratan dan melautnya kalau pagi hari. "Hasil tangkapannya sudah lumayan banyak. Rata-rata, hasil tangkapan mereka adalah, teri nasi dan teri hitam. Tapi beberapa nelayan, ada juga yang mencari rebon yang digunakan untuk bahan baku terasi," paparnya.

Kendati aktifitas nelayan sudah kembali normal, namun transaksi lelang di TPI masih tampak sepi. Kemungkinan, karena belum banyak perahu yang melaut sehingga para tengkulak belum banyak yang datang. "Tidak lama lagi, TPI pasti bakal rame. Sebab, nelayan yang masih nganggur, sudah banyak yang berangkat melaut," pungkasnya. 

source : radar tegal

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru