Kalibakung Potensi Wisata Jamu

Diposkan oleh Sanie San San Kamis, 02 Februari 2012

BALAPULANG - Obyek Wisata (OW) Kalibakung yang berlokasi di Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang, berpotensi sebagai wisata jamu. Karenanya, dalam waktu dekat ini OW yang dikenal sebagai cikal bakal lahirnya TNI AL itu, akan dimanfaatkan sebagai wisata kesehatan.

Demikian dilontarkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, dr Titis Cahyaningsih, saat dihubungi wartawan, kemarin (1/2). Menurutnya, ide pemanfaatan itu, dicetuskan oleh dinasnya yang bekerjasama dengan beberapa instansi terkait. Antara lain Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), serta Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora). "Rencananya, kami akan membangun klinik jamu yang dilengkapi dengan etalase jamu dan berbagai jenis tanaman obat-obatan yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan," paparnya.

Program itu, kata wanita cantik ini, merupakan salah satu upaya dalam menyukseskan program saintifikasi jamu dari pemerintah pusat. Artinya, merupakan program yang pernah diintruksikan oleh Gubernur Jawa Tengah, agar semua wilayah baik kota maupun kabupaten supaya mengembangkan dan memasyarakatkan tanaman jamu sebagai tanaman kesehatan. "Untuk mewujudkan rencana itu, kami telah melakukan koordinasi lintas sektoral termasuk dalam penyiapan lahan yang akan digunakan nantinya," ujarnya.

Sejauh ini, upaya untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya sudah menyiapkan dua dokter guna menanganinya. Dan saat ini, dua dokter yang ditunjuk, tengan mendalami ilmunya di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar untuk menjadi dokter yang ahli dalam ilmu jamu sekaligus dapat mengelola klinik tersebut. Selain dokter, pihaknya juga akan menyiapkan apoteker sebagai peracik jamu serta menyiapkan tenaga ahli untuk memandunya.

"Tujuan adanya klinik jamu tersebut untuk melestarikan kekayaan alam Indonesia dalam saintifikasii jamu. Sehingga, pengobatan dengan jamu tersebut nantinya akan betul-betul diteliti secara ilmiah," sambungnya. Dia berharap, dengan adanya klinik jamu tersebut, masyarakat sekitar dapat mengenal jamu lebih dekat dan mengurangi penggunaan obat kimia. Selain itu, dapat mengurangi biaya pelayanan kesehatan serta mengurangi biaya pengobatan. "Kemungkinan besar, tahun ini klinik tersebut bisa diresmikan meski masih sederhana. Dan tentunya, setelah klinik itu hadir, kami juga akan menampilkan berbagai program agar klinik benar-benar ramai dan dimanfaatkan masyarakat sekitar," tutupnya. (yer)

source : radar tegal

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru