Desa Curug Pangkah Lakukan Penanaman Pohon

Diposkan oleh Sanie San San Kamis, 09 Februari 2012

DALAM rangka mendukung gerakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dibarengi dengan penanaman pohon oleh Muspida Kabupaten Tegal, Pemerintah Desa Curug Kecamatan Pangkah melakukan penanaman pohon di wilayah jalan Curug-Pangkah. Jumlah pohon yang ditanam, 650 pohon jati. Kegiatan semacam ini juga dilakukan secara serentak di desa lain se-Kecamatan Pangkah, Rabu (8/2).

Penanaman pohon di wilayah tersebut dimaksudkan agar jalan yang ada tidak menjadi gersang. Hadir dalam penanaman pohon tersebut, Muspika Kecamatan Pangkah seperti Camat Pangkah Darmadi SH MM, Kapolsek Pangkah AKP Suratman, Danramil Pangkah Shokib S, UPTD BP4K, Kepala Desa Pagkah Budi Tresno, serta Kepala Desa Curug HMI Kartomo. Kehadiran mereka tidaklah sendiri-sendiri, dan tidak hanya memantau penanam saja. Tetapi, mereka juga melakukan penanaman secara bersama-sama yang diikuti oleh personil dari instansinya masing-masing.

Menurut Kepala Desa Curug, HMI Kartomo, pemilihan ruas jalan Curug-Pangkah sebagai lokasi penanaman pohon jati tersebut, merupakan pilihan desanya. Karena jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar desa. Dengan harapan, nantinya jalan menjadi tidak gersang dan ramai dilalui oleh pengguna jalan.

“Jalan penghubung ini dulu sepi dari pengendara, karena mereka takut ketika melewati jalan ini. Karenanya, kami mengaktifkan dan melebarkan pula dengan diawali dari penanaman pohon,” ungkapnya.

Pihaknya selain melakukan penanaman pohon, di jalan tersebut nantinya akan dipasang lampu penerangan jalan agar tidak gelap. Dengan harapan nantinya jalan menjadi ramai untuk dapat dilalui dan meningatkan perekonomian masyarakat.

“Semoga apa yang kami rencanakan ini dengan diawali penanam pohon, apa yang kami harapkan bisa tercapai,” ujarnya.

Camat Pangkah, Darmadi SH MM, mengatakan, respon dari berbagai desa akhir-akhir ini banyak mengkhawatirkan tentang keadaan alam yang gersang dan berpengaruh buruk terhadap manusia. Kekhawatiran mereka karena banyakya longsor, krisis air bersih, dan lainnya. Dengan berkurangnya pohon di sekitar, akan berdampak pula pada lingkungan khususnya kesehatan masayarakat.

Dikatakanya, penghijauan ini menjadi sangat realistis untuk dilaksanakan. Dengan gerakan ramah lingkungan tersebut, perlu digalakkan agar desa lain melakukan penghijauan seperti di Desa Curug ini. “Kami berharap, dengan penghijauan ini sebagai contoh alternatif dalam rangka menata dan memelihara lingkungan terhadap desanya dan desa lain pada umumnya,” ungkapnya.

Di Pangkah, lanjut Darmadi, banyak terjadi tanaman mati akibat tebang tebu dengan dibakar. Pembakaran tebu tersebut banyak mengakibatkan tanaman di sampingnya mati. Yang menjadi persoalan adalah, matinya pohon tersebut tidak diganti dengan menanam kembali. Ini salah satu perosalan, karena kurang sadarnya masyarakat untuk menanam kembali.

“Kami sangat berharap, kalau ada pohon yang mati akibat itu semua, bisa menanam kembali pohon yang sudah mati agar tidak terjadi kekeringan dan kekhawtiran masayarakat yang ada,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Darmadi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Desa Curug yag sudah merespon apa yang menjadi kehendak pemerintah dan masyarakat pada umumnya. (fatkhurohman)

Jangan lupa like, setelah membaca ya



Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

tambahkan komentar 4 komentar

Senin, 30 Maret 2015 14.21.00 WIB  
informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih gan
senang bisa berkunjung ke blog anda
terimakasih banyak
Selasa, 14 April 2015 14.43.00 WIB  
senang bisa berkunjung ke bloga anda, infonya sangat mernarik dan bermanfaat
terimakasih, sukses terus
Senin, 05 September 2016 08.29.00 WIB  
tulisan blog nya sangat bagus dan bermanfaat
Rabu, 04 Januari 2017 10.05.00 WIB  
hmm nyimak gan
nambah nambah wawasan
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu,
5. Klik Publish

download kalender 2013 CDR

9 Artikel Terbaru